Tips Sehat

5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Telinga Anda

5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Telinga Anda

5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Telinga Anda – Mungkin belum banyak dari anda yang mengetahui jika kebersihan telinga akan berpengaruh terhadap kesehatan telinga kita. Gangguan pada telinga sendiri dapat terjadi karena berbagai macam hal seperti cedera telinga, tumot, cacat, infeksi, kotoran telinga, dan masih banyak lagi.

Tentunya jika masalah ini tidak ditangani dengan baik akan mengancam kesehatan telinga anda. Terkait hal tersebut, maka kita harus menjaga kebersihan telinga yang memang tidak kalah penting untuk dibersihkan demi kesehatan telinga anda.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda dan sebenarnya hal mudah ini yang sulit untuk kita lakuakan karena sudah menjadi kebiasaan. Berikut beberapa cara untuk menjada telinga anda untuk tetap sehat.

1. Bersihkan Daun Telinga Saja

Jika anda ingin membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan bagian luar atau daun telinganya saja, karena dalam keadaan normal telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Bentuk telinga yang bersudut dan terdapat bulu-bulu halus dapat menjaga telinga dari masuknya kotoran atau debu yang berlebih. Jadi anda tidak perlu membersihkan hingga bagian dalamnya, cukup daun telinganya saja. Akan tetapi, jika kotoran dirasa sudah menumpuk atau menyumbat dan pendengaran sudah mulai terganggu, sebaiknya jangan membersihkan atau mengoreknya sendiri. Periksakanlah telinga anda ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Hindari Penggunaan Cotton Buds

Membersihkan telinga dengan cotton buds merupakan kebiasaan yang kurang baik. Cotton buds dapat membuat serumen (kotoran telinga) terdorong ke dalam liang telinga yang lebih dalam. Jika kotoran tersebut mengendap terlalu lama, kotoran dapat mengeras di dalam liang telinga. Cotton buds juga rentan tertinggal di dalam liang telinga, sehingga dapat menyumbat gendang telinga dan mengakibatkan pendengaran berkurang. Cotton buds sebaiknya digunakan untuk membersihkan daun telinga saja. Kotoran di sekitar liang telinga justru diperlukan untuk melindungi telinga, termasuk mengangkat debu dari luar agar tidak masuk ke dalam telinga. Selain itu, hindari juga membersihkan telinga dengan menggunakan jari tangan atau benda lainnya.

3. Hindari Berada di Lingkungan yang Bising

Terlalu sering berada di lingkungan yang bising dapat menjadikan organ pendengaran tuli. Jika terpaksa harus sering atau dalam jangka waktu lama berada dalam lingkungan yang bising, misalnya bekerja di pabrik, maka sebaiknya gunakanlah pelindung telinga agar kelak organ pendengaran tidak terganggu.

4. Hindari Penggunaan Earphone

Penggunaan earphone dalam jangka waktu lama dapat mengganggu pendengaran, terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik memakai earphone di jalan atau sebelum tidur. Sebaiknya atur waktu penggunaan earphone dengan cara menggunakannya kurang dari satu jam, dan saat menggunakan earphone jangan menggunakan volume yang terlalu keras.

5. Memeriksa Telinga ke Dokter

Cara menjaga kesehatan telinga yang terakhir adalah dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Untuk anak-anak sebaiknya enam bulan sekali, sedangkan orang dewasa, jika tidak ada kelainan anatomi atau struktur telinga dan dalam keadaan sehat, dapat memeriksakan telinganya setahun sekali. Jika terdapat gejala atau gangguan telinga yang tidak jelas penyebabnya, sebaiknya segera konsultasikan keluhan anda kepada dokter spesialis THT.

Baca Juga : Tips Supaya Tetap Sehat Walau Bekerja Seharian Didepan Komputer

Similar Posts