Cara Mencegah Kanker Mulut

Kanker yang merupakan penyakit sangat berbahaya dan mematikan yang hingga saat ini pun belum diketahui penyebab munculnya penyakit satu ini Namun para ahli mengatakan bahwa penyakit ini muncul karena banyaknya konsumsi minuman keras, seks oral, merokok, dan berbagai hidup sehat lainnya yang merujuk pada mulut.

Tak ada orang yang terkecuali di dunia ini untuk terserang kanker mulut karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan dapat membunuh siapa saja. Bahklan hingga kini pun tak ada obat yang dapat ditemukan untuk mengatasi penyakit yang satu ini karena penyakit ini memang sungguh memtaikan dan obat paling mujarabnya yakni mujizat.

Namun terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai tindak pencegahan terhadap serangan yang mematikan tersebut. Hal yang anda lakukan ini juga dapat menunjang tubuh anda untuk tetap sehat dan akan mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Jangan pernah menyepelekan hal kecil karena jika anda sudah terikat dengan penyakit satu ini maka akan suadh untuk lari daari ikatan penyakit ini, bahkan tak akan dapat lepas hingga ajal menjemput.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu anda untuk mencegah terserang kanker mulut yang sangat mematikan.

1. Selalu sikat dan flossing secara teratur
Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak sehat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker. Gosoklah gigi Anda secara teratur minimal 2 kali sehari dan bersihkan gigi dengan benang khusus (flossing).

2. Jangan merokok atau mengunyah produk tembakau
Nikotin yang terkandung dalam produk tembakau bukan hanya dapat merusak paru-paru tetapi juga mulut. Nikotin akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan tidak sehat, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Berhentilah merokok atau mengunyah produk tembakau seperti bersirih menggunakan tembakau.

3. Hindari minum minuman beralkohol
Risiko mengembangkan kanker mulut akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas dan lamanya seseorang mengonsumsi alkohol.

4. Batasi ekspos terhadap sinar matahari
Gunakan perlindungan terhadap sinar matahari pada bibir Anda ketika berada di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berulang dapat meningkatkan risiko kanker pada bibir, terutama bibir bagian bawah. Pilihlah produk lipstik atau pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk penggunaan sehari-hari.

5. Berolahraga secara teratur
Gaya hidup yang aktif dan sehat diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut.

6. Makan makanan anti kanker
The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk mencegah kanker. Diet dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.

7. Kurangi mengolah makanan dengan menggoreng
Ganti cara pengolahan makanan dengan menggoreng dan memanggang menjadi merebus atau mengukus. Gunakan bumbu sehat seperti bubuk bawang putih, jahe dan kunyit untuk menambah rasa.

8. Periksa gigi
Periksakan kondisi gigi dan mulut Anda ke dokter gigi secara rutin setidaknya setiap enam bulan sekali dan meminta untuk dilakukan skrining kanker mulut agar dapat mendeteksi kanker sejak dini.

9. Melakukan pemeriksaan sendiri
Sama seperti memeriksa kemungkinan kanker payudara, kemungkinan kanker mulut juga dapat diperiksa sendiri di rumah. Caranya adalah dengan membuka mulut lebar-lebar di depan cermin dan memeriksa seluruh bagian mulut, termasuk bagian belakang dan sisi-sisi lidah.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.