6 Penyebab Penyakit Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit untuk diatasi. Namun semua orang pasti akan terkena penyakit satu ini. Yang kebanyakan dari penyebabnya dalah panas dalam serta bibir tergigit sendiri.

Sakit dari sariawan ini sangat tak tertahankan dan tentunya akan memmbuat anda malas untuk makan karena tersentuh sedikti saja, sakit yang dirasakan sangat luar biasa.

Kali ini yang akan dibahas adalah penyebab – penyebab sariawan. Berikut 6 penyebab yang musngkin menjadi asal usul sariawan anda sekalin.

1. Kurangnya kebersihan pada mulut

Hal yang mungkin paling banyak penyebabkan Sariawan dan sangat rasional tentunya adalah masalah kebersihan mulut. Dalam hal ini jika mulut tidak bersih, tentun kuman dan bakteri akan bersarang di dalamnya. Jika di biarkan terus menerus, bisa berakibat pada beberapa gangguan dan Sariawan adalah salah satunya. Bahkan bisa jadi Sariawan yang muncul tidak hanya satu.

2. Cedera atau rusaknya lapisan mulut

Untuk penyebab yang satu ini pada umumnya akan terjadi ketika bibir atau lidah tergigit. Kejadian tersebut jelas meninggalkan luka dan akhirnya mengakibatkan Sariawan. Selain karena tergigit, mungkin juga lapisan mulut rusak karena terluka saat menggosok gigi. Atau ketika memakan sesuatu yang keras dan tajam sehingga menjadikannya terluka.

3. Di sebabkan beberapa kondisi medis tertentu

Perlu Anda ketahui, beberapa kondisi medis yang berkaitan dengan tubuh, ternyata bisa juga mengakibatkan terjadinya Sariawan. Katakan saja yang paling banyak di kenal dalam hal ini adalah ketika tubuh kekurangan vitamin. Selain itu bisa juga di sebabkan karena kekurangan zat besi, lemahnya sistem imunitas, terkena infeksi virus dan lain sebagainya.

4. Efek samping obat

Selain beberapa penyebab di atas, bagi Anda yang saat ini mengkonsumsi obat-obatan, maka perlu waspada dengan Sariawan. Bisa jadi penyebab Sariawan adalah obat yang sedang di konsumsi. Hal ini bisa juga terjadi bagi Anda yang sedang dalam masa perawatan. Dan beberapa jenis yang mungkin adalah seperti nicorandil, obat antiinflamasi nonsteroid, kemoterapi dan radioterapi.

5. Makanan tertentu

Tidak dapat di pungkiri, seseorang jarang memperhatikan dengan baik apa yang dia makan. Kadang hanya mengeluh dengan penyakitnya, tanpa menyadari bahwa penyebabnya adalah apa yang di konsumsinya sendiri. Begitu juga dengan Sariawan. Dalam hal ini, bisa jadi jenis makanan seperti makanan pedas dan kopi menjadi penyebab terjadinya Sariawan baik di mulut maupun di lidah.

6. Perubahan hormon

Kalau untuk penyebab yang berhubungan dengan hormon, ini paling banyak terjadi pada wanita. Terlebih saat mereka mengalami menstruasi karena pada masa tersebut jelas ada perubahan hormon yang terjadi. Selain itu, tidak jarang pula ketika seseorang merasakan kegelisahan akan suatu hal, memiliki masalah yang besar atau dalam kondisi stres, mereka akan mengalami Sariawan.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.