Tips Sehat

Apa itu Virus Covid 19 ?

Apa itu Virus Covid 19 ?

Apa itu Virus Covid 19 ? Covid 19 adalah virus jenis baru yang dinamai coronavirus.

Penyakit yang disebabkan oleh coronavirus pertama kali diidentifikasikan di Wuhan, Cina, dinamai coronavirus disease 2019 (COVID-19) – ‘CO’ untuk corona, ‘VI’ untuk virus, dan ‘D’ untuk disease. Sebelumnya, penyakit ini disebut sebagai ‘2019 novel coronavirus’ atau ‘2019-nCoV.’

Virus COVID-19 adalah virus baru yang dihubungkan dengan keluarga virus yang sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan beberapa jenis flu biasa.

Bagaimana virus COVID-19 menyebar?

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan pernapasan dari orang yang terinfeksi (dihasilkan melalui batuk dan bersin), dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dengan virus. Virus COVID-19 dapat bertahan hidup di permukaan selama beberapa jam, tetapi disinfektan sederhana dapat membunuhnya.

Apa saja gejala coronavirus?

Gejala dapat berupa demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernafas. Lebih jarang, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Gejala-gejala ini mirip dengan flu (influenza) atau flu biasa, yang jauh lebih umum daripada COVID-19. Inilah mengapa pengujian diperlukan untuk mengonfirmasi apakah seseorang menderita COVID-19. Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah pencegahan utama adalah sama, sering mencuci tangan, dan kebersihan pernafasan (tutupi batuk atau bersin dengan siku atau tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah yang tertutup). Juga, ada vaksin untuk flu, jadi ingatlah untuk selalu mengikuti perkembangan vaksinasi Anda dan keluarga Anda.

Bagaimana cara menghindari risiko infeksi?

Berikut adalah empat tindakan pencegahan yang dapat Anda dan keluarga lakukan untuk menghindari infeksi:

  1. Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau antiseptik berbasis alkohol
  2. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau tisu, ketika batuk atau bersin, dan buang tisu ke tempat sampah yang tertutup.
  3. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang memiliki gejala pilek atau flu
  4. Cari perawatan medis dengan cepat jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami demam, batuk atau kesulitan bernapas

Haruskah memakai masker medis?

Penggunaan masker medis disarankan jika Anda memiliki gejala pernapasan (batuk atau bersin) untuk melindungi orang lain. Jika Anda tidak memiliki gejala apa pun, maka tidak perlu memakai masker. Jika masker dipakai, mereka harus digunakan dan dibuang dengan benar untuk memastikan efektivitasnya dan untuk menghindari risiko penularan virus.

Penggunaan masker saja tidak cukup untuk menghentikan infeksi dan harus dikombinasikan dengan sering mencuci tangan, menutupi bersin dan batuk, dan menghindari kontak dekat dengan siapa pun dengan gejala flu atau seperti flu (batuk, bersin, demam).

Nasihat untuk publik

Nah sekarang Anda sudah paham kan Apa itu Virus Covid 19 ? dan ini rekomendasi bagi masyarakat umum untuk mengurangi paparan, dan penularan, berbagai penyakit adalah mengikuti tindakan pencegahan kebersihan standar, termasuk kebersihan tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung saat batuk dan bersin serta menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan. seperti batuk dan bersin.

Baca Juga : Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

Similar Posts