Tips Sehat

Bahaya Mencium Kapur Barus

Bahaya Mencium Kapur Barus

Bahaya Mencium Kapur Barus – Kapur barus seperti yang diketahui merupakan suatu benda padat putih yang digunakan untuk menghilangkan negnat di lemari bahkan di toilet. Tidak hanya itu, kapur barus juga berguna untuk mengusir rayap, semut dan serangga lainnya.

Tentu banyak kegunaan positif dari kapur barus yang dapat membantu kehidupan kita setiap hari. Namun kapur barus juga tidak lepas dari bahaya yang ada padanya. Aroma yang dirancang pada kabur barus yang sangat membantu menjaga keharuman di sebuah kamar mandi maupun lemari juga ternyata memiliki dampak buruk.

Berikut beberapa bahaya dari kapur barus yang ada dalam kehidupan kita setiap harinya.

1. Bahaya Jika Tertelan

Kapur barus sangat berbahaya jika sampai tertelan karena dampaknya dapat membuat seseorang mengalami kejang-kejang, kebingungan mental, neurosmuskular hiperaktif dan juga iritasi parah di dalam tubuh. selain itu penderita juga akan mengalami iritasi pada pencernaan yang akan membuat mual, muntah dan gejala diare yang cukup parah. Anak-anak biasanya menjadi pihak yang banyak tidak sengaja menelan kapur barus karena digunakan untuk bermain. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki anak kecil sebaiknya untuk mengawasi dan supaya tidak membiarkan anak menelan kapur barus.

2. Penyebab Kanker

Menurut penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa anak-anak yang sering menghirup udara yang banyak mengandung naftalena akan lebih beresiko tinggi terkena chromosomal aberrations (CA) dimana penyakit ini akhir-akhir ini dijadikan sebagai salah satu jenis penyakit kanker. Sebenarnya naftalena ini tidak hanya bisa ditemukan di dalam lemari saja namun juga di dalam knalpot kendaraan dan juga asap rokok. Naftalena juga sudah dimasukan dalam golongan karsinogen oleh international Agency for Cancer Research. Selain itu naftalena juga sudah diklasifikasikan menjadi polutan yang lebih dikenal sebagai policylcyc aromatic hydrocarbons atau PAH.

3. Dampak pada Anak-anak

Dampak pada anak-anak yang banyak menghirup kapur barus atau naftalena ini diantaranya adalah dapat mengalami obesitas, tingkat IQ yang rendah dan penyakit CA. Menurut penelitian antara penggunaan kapur barus dengan penyakit CA ini berhubungan positif dan saat ini jumlahnya juga semakin meningkat. Penyakit CA ini tidak boleh dianggap sepele karena efeknya dapat menyebabkan translokasi dimana adanya pergantian kromosom atau peristiwa tertukarnya kromosom satu dengan kromosom lainnya yang akan membuat kelainan genetic dan hal ini sangatlah berbahaya. Adanya kelainan pada kromosom akan meningkatkan orang menderita berbagai jenis kanker lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

4. Bahaya Jika Terkena Mata

Jika mata mendapatkan paparan dari kapur barus cukup banyak maka bisa menyebabkan radang, iritasi dan mata menjadi kemerahan. Selain itu bagian kornea mata juga bisa terkena dampaknya sehingga penglihatan juga akan menjadi terganggu.

5. Bahaya Jika Terkena Kulit

Jika serbuk dari kapur barus terkena kulit maka bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi, menimbulkan reaksi alergi, rasa panas dan juga rasa gatal yang tidak tertahankan.

Baca Juga : Bahaya Kol Goreng Pemicu Kanker

Similar Posts