Tips Sehat

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

bahaya perokok pasif

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Bahaya Menjadi Perokok Pasif – Seperti yang kita ketahui merokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, bukan para perokok saja yang terkena efek dari bahaya rokok, melainkan untuk para perokok pasif yang terkena imbasnya juga akan rentang terserabf penyakit yang tidak kalah mematikan.

Efek dari perokok pasif tidak kalah berbahaya dari perokok biasa. Biasanya para penderita perokok pasif ini adalah orang dewasa yang hidup di lingkungan perokok maupun anak – anak atau istri yang ayah atau suaminya merokok.

Meski sembat menimbulkan perdebatan apakah perokok pasif juga menerima imbasnya ataukah tidak, sekaranag sudah terbukti bahwa perokok pasif akan menerima efek yang tidak kalah berbahaya dari perokok biasa. Berikut ini beberapa dampak buruk asap rokok untuk para perokok pasif.

Kanker Paru-Paru

Perokok pasif rentan terhadap kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru pada individu-individu meningkat sekitar 20-30%. Perokok pasif umumnya mengidap lebih dari 4000 zat kimia, dimana hampir 69 diantaranya diketahui menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru. Namun tidak menutup kemungkinan anda juga rentan terkena kanker mulut, kanker kerongkongan, dll.

Asma

Perokok pasif juga rentan menderita sakit asma.

Jantung koroner

Ada bukti yang konsisten bahwa orang yang tidak merokok tetapi hidup dalam kehidupan berasap. Memiliki risiko lebih tinggi penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak.

Serangan Jantung

Perokok pasif mengakibatkan darahnya menjadi lengket dan cenderung menyumbat, dengan demikian, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kematian pada ibu hamil

Ibu hamil yang menjadi perokok pasif dapat menyebabkan kematian dini.

Bayi prematur

Dampak dari perokok pasif pada ibu hamil juga menyebabkan bayi lahir prematur.

Kegemukan

Perokok pasif mudah menjadi gemuk. Semakin anda cenderung menghirup asap rokok, peningkatan tingkat nikotin membuat anda gemuk.

Masalah pernapasan

Pernapasan adalah masalah yang sangat umum di kalangan perokok pasif, baik orang dewasa dan anak-anak. Penyembuhannya pun memerlukan waktu yang cukup panjang, kecuali jika anda menyingkirkan efek dari merokok pasif.

Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS)

SIDS adalah Sudden Infant Death Syndrome, juga disebut pondok kematian dan terjadi pada bayi karena efek merokok pasif.

Baca Juga : Kebaikan Berhenti Merokok Untuk Tubuh

Similar Posts