Tips Sehat

Cara Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cara Atasi Hidung

Cara Atasi Hidung

Cara Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cara Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat , Hidung yang terhalang ialah permasalahan yang cukup mengganggu. Susah untuk bernapas, suara beralih, serta tanpamu ketahui cairan keluar dari hidungmu. Bukan hanya itu, saat kamu berupaya mengeluarkannya, cuma sedikit atau serta tidak ada cairan yang keluar.

Permasalahan ini umum serta dapat dirasakan siapapun. Banyak orang memandang jika hidung dapat terhalang sebab jumlahnya cairan di rongga hidung. Tetapi sebetulnya ini dikarenakan oleh pembuluh darah yang meradang di ruang sinus yang membuat cairan tidak dapat keluar

Hidungmu terhalang sekarang ini? Atau ada orang paling dekatmu yang merasakannya? Di bawah ini ada banyak panduan atau langkah menangani hidung terhalang dengan cara gampang serta tak perlu memakai beberapa obat, hingga kamu dapat coba cara simpel ini terlebih dulu.

Mandi air hangat

Coba mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang terhalang. Air harus mengalir dari sisi atas kepalamu supaya pembuluh darah santai. Dengan demikian, cairan di hidung akan keluar sendirinya. Tetapi dampak ini karakternya sesaat. Sesudah kamu usai mandi kamu dapat merasai hidungmu akan terhalang lagi. Oleh karenanya, gunakan waktu mandimu untuk keluarkan cairan sebanyak-banyaknya.

Pakai humidifier

Humidifier atau pelembap ruang dapat menurunkan hidung terhalang secara cepat. Ini sebab mesin itu mengganti air jadi uap hingga udara di kamarmu jadi lembap. Hirup udara yang lembap dapat menurunkan bengkak pembuluh darah di ruang hidung. Disamping itu, cairan akan bertambah lebih mudah hingga gampang untuk keluar dari hidung. Coba menghidupkan humidifier pada malam hari. Esok harinya, kamu bisa bernapas lebih baik.

Memakai saline spray atau obat semprot hidung

Buat kamu yang belum mengetahui, saline spray ialah cairan yang disemprotkan ke hidung untuk menurunkan hidung terhalang. Dikutip dari Health Line, cairan itu sebetulnya datang dari air laut. Dia kerja dengan memudahkan cairan serta menurunkan bengkak. Beberapa saline spray memiliki kandungan dekongestan yang malah dapat jadi memperburuk situasi waktu digunakan lebih dari pada 3 hari. Jadi seharusnya diskusi dahulu sama dokter sebelum membeli.

Hirup uap dari air panas

Langkah ini cukup gampang untuk dilaksanakan. Kamu perlu mempersiapkan air panas serta meletakkannya di baskom. Tutup kepalamu dengan handuk. Selanjutnya dekatkan hidungmu ke permukaan air serta hisap uapnya. Dampak yang akan kamu peroleh dari langkah ini sama dengan mandi air hangat.

Banyak minum air hangat

Jaga badan terhidrasi ialah langkah lain yang dapat kamu kerjakan. Sebetulnya air apa saja dapat menolong tapi minum air hangat ialah langkah yang sangat efisien. Dengan jaga cairan badan, desakan yang berada di ruang sinus akan menyusut. Kamu dapat mengubah air hangat dengan teh hangat atau sup untuk kurangi merasa tidak nyaman di tenggorokan.

Pakai kompres air hangat

Kompres hangat bisa menolong hidung terhalang dengan buka aliran hidung di luar. Kamu dapat melakukan dengan menyelup handuk ke air hangat. Peras terlebih dulu selanjutnya tempatkan di handuk dibagian dahi. Kecuali menurunkan hidung terhalang, kompres dapat juga memberi kenyamanan dari rasakan sakit.

Gunakanlah minyak kayu putih

Minyak kayu putih sudah dipakai semenjak beberapa ratus tahun lalu serta dapat dibuktikan mempunyai banyak faedah buat kesehatan. Diantaranya untuk kurangi inflamasi dibagian hidung. Kamu dapat memoleskan beberapa tetes di seputar hidung. Bila kamu berasa tidak nyaman melakukan, kamu dapat teteskan minyak ke air yang mendidih serta hirup uapnya.

Memakai bawang putih

Bukan hanya dipakai untuk bumbu makanan, bawang putih populer akan manfaat antibakterinya. Dikutip dari Everyday Health, mengonsumsi bawang putih tiap hari dapat kerja untuk suplemen pencegah flu. Bila kamu tidak dapat mengkonsumsinya mentah, coba irislah beberapa siung bawang putih selanjutnya rebus dengan air sampai mendidih. Hiruplah uap yang dibuatnya dengan perlahan-lahan. Langkah ini efisien untuk menurunkan hidung terhalang.

Pakai bantal tambahan waktu tidur

Hidung terhalang berasa mengganggu khususnya pada malam hari. Ini sebab kelembapan udara turun dengan cara mencolok. Bila kamu kesusahan untuk tidur sebab tidak dapat bernapas, tumpuklah dua bantal di bawah kepalamu. Langkah ini dapat menolong keluarkan cairan di hidung.

Demikian info mengenai bagaimanakah cara mengatasi hidung yang tersumbat dengan cara yang cukup gampang.

Baca Juga : Cara Hidup Sehat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan