Cara Mencegah Usus Buntu

Cara Mengantisipasi Usus Buntu

Penyakit usus buntuk meruapakan salah satu pemnyakit yang cukup berbahaya bagi saluran pencernaan. Usus buntu sendiri terletak di bagian kanan perut, sehingga bagi anda yang memiliki keluhan di bagaian bawah kanan perut mungkin dapat menjadi salah satu tanda – tanda anda terkena usus buntu.

Untuk anda yang menderita usus buntu salah satu jalan yang banyak dilakukan dan mungkin memnag harus dilakukan adalah operasi. Oprasi usus buntu ini sendiri tak mempengaruhi kondisi kesehata, namun penyaklit usus buntu memiliki potensi yang memicu komplikasi yang serius. Salah satu penyebab yang banyak menimpa penderita usus buntu adalah anda berolahraga secara langsung ketika sebelumnya makan.

Sudah pasti tak ada satu pun orang ingin terkena usu buntu, dan anda perlu melakukan segala suatu yang dapat mencegah usu buntu. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah usu buntu.

Konsumsi makanan berserat

Makanan yang tinggi serat adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah usus buntu. Alasannya, radang yang ada di usus buntu banyak disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa dikatakan bahwa orang yang terkena sembelit memiliki risiko untuk terkena radang usus buntu.

Oleh sebab itu, orang yang sering sembelit ada baiknya mengonsumsi makanan tinggi serat seperti agar-agar, sayur, dan buah. Serat baik untuk pencernaan karena akan melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lancar. Feses yang keras akan menyumbat usus, terutama usus buntu.

Vitamin A dan D

Selain serat, konsumsi vitamin A dan D juga diyakini merupakan salah satu cara mencegah radang usus buntu.

Vitamin A membantu sel darah putih melawan infeksi, sementara vitamin D melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Dua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan jika Anda ingin mencegah radang usus buntu.

Jangan tunda buang air besar (BAB)

Menahan BAB mungkin terdengar sepele, namun faktanya orang yang suka menunda BAB akan lebih mungkin mengalami sembelit. Kondisi sembelit akibat kerasnya feses berpotensi menyebabkan usus buntu. Agar dapat mencegah radang usus buntu, segeralah buang air besar saat dorongan itu tiba.

Batasi asupan kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol adalah dua zat yang dapat menyebabkan sembelit, yang menjadi cikal bakal radang usus buntu pada kemudian hari. Mulai hari ini, batasilah konsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, serta minuman beralkohol.

Banyak mengonsumsi air putih

Cara termudah untuk mencegah usus buntu adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh.

Untuk anda yang jarang menginsumsi cairan, anda akan rentan terkena sembelit ataupun radang usus buntu. Untuk anda yang duduk berjam – jam di komputer pun juga rentan terkena sembelit sehingga anda harus mengonsumsi minimal 8 gelas air per harinya.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.