Tips Sehat

Cara Mengatasi Tenggorokan Yang Berlendir

cara mengatasi tenggorokan yang berlendir

Cara Mengatasi Tenggorokan Yang Berlendir

Cara Mengatasi Tenggorokan Yang Berlendir – Tenggorokan yang berlendir dapat saja menjadi tanda bahwa area tersebut sedang tidak sehat, dimana biasanya lendir tersebut juga sulit dikeluarkan. Jika lendir sudah sulit dikeluarkan jangan pernah meminum air dingin karena akan semakin memperbanyak lendir.

Lendir atau yang sering disebut dengan riak memang terkadang membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman. Biasanya para perokok yang memiliki banyak riak karena pengaruh asap rokok. Namun hal ini juga dapat terjadi karena beberapa sebab seperti produksi lendir yang berlebihan.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi tenggorokan yang berlendir.

Tetap terhidrasi

Minum cukup cairan, terutama yang hangat, dapat membantu aliran lendir di tenggorokan. Air dapat melonggarkannya dengan membantu lendir bergerak.

Pilihan cairan yang baik termasuk teh tanpa kafein dan jus buah hangat atau air jeruk nipis untuk menyingkirkan lendir di tenggorokan.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak yang tertahan di tenggorokan. Bahkan bisa membunuh kuman dan menenangkan tenggorokan yang sakit.

Caranya campurkan satu cangkir air dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. Air hangat sangat efektif karena melarutkan garam lebih cepat. Ini juga ide yang bagus untuk menggunakan air yang difilter atau botolan yang tidak mengandung klorin. Aduk sedikit campuran dan miringkan kepala Anda sedikit ke belakang. Biarkan campuran tersebut masuk ke tenggorokan tanpa meminumnya. Secara perlahan tiupkan udara dari paru-paru anda untuk berkumur selama 30-60 detik, dan kemudian ludahkan airnya. Ulangi sesuai kebutuhan.

Melembapkan udara

Melembapkan udara di ruangan dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa uap dapat membersihkan dahak dan tenggorokan berlendir. Sebenarnya tidak ada banyak bukti terhadap ide ini, dan bahkan dapat menyebabkan luka bakar. Alih-alih uap, Anda bisa menggunakan humidifier. Anda dapat menggunakan humidifier dengan aman sepanjang hari. Anda hanya ingin memastikan mengganti air setiap hari dan membersihkan humidifier sesuai dengan instruksi.

Gunakan minyak kayu putih

Menggunakan minyak esensial eucalyptus bisa membuat lendir keluar dari dada. Cara ini bekerja dengan membantu melonggarkan lendir sehingga membuat batuk berdahak lebih mudah dikeluarkan. Pada saat yang sama, jika Anda memiliki batuk yang mengganggu, eukalyptus dapat meredakannya. Anda bisa menghirup uap dengan menggunakan diffuser atau menggunakan balm yang mengandung bahan ini.

Baca Juga :

Similar Posts