Cara Menghindari Penyakir Diabetes Sejak Dini

Langkah Pencegahan Diabetes Sejak Dini

Diabetes memang merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak sialami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi negara diurutan kelima yang memiliki masyarakat terbanyak terkena penyakit dibaet. Tentunya kita harus menghindari penyakit yang sangat berbahaya satu ini yang telah menyerang ribuan orang di seluruh dunia.

Penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan mematikan karena dapat memamncing penyakit lainntya seperti jantung, gagal ginjal, hingga hipertendi yang akan masuk menjadi penyakit baru sehingga lebih berbahaya. Tentu anda harus mencegah penyakit yang sungguh berbahaya satu ini. Berikut beberapa cara untuk mengindari prnyakit diabetes sejak dini.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Janga terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis, karena sudah pasti makanan dan minumas yang manis-manis tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah anda. Jadi sebisa mungkin hindari makanan dan minuman manis, terutama menghindari minuman manis. Minuman manis seperti soda atau minuman lainnya yang mengandung pemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat. Minuman manis dengan rasanya yang menggoda ini lebih mengerikan dari makanan manis, pasalnya minuman tersebut pada umumnya tidak dapat membuat anda kenyang sehingga mendorong anda untuk minum lagi dan lagi.

Perbanyak Sayur

Sayur adalah penolong yang bisa menghindarkan anda dari resiko diabetes. Jika anda banyak konsumsi daging, sebaiknya mulailah ikut menyeimbangkannya dengan memakan cukup sayuran. Daging memang memiliki cita rasa yang lezat dan juga tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan, namun jika terlalu berlebihan daging malah bisa membawa penyakit dan diabetes untuk anda.

Turunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor pemicu seseorang dapat terkena diabetes. Anda yang memiliki berat badan yang berlebih mulai sekarang coba turunkan berat badan anda dengan rajin olahraga dan melakukan program diet sehat. Usahakan untuk selalu mengkontrol berat badan anda tetap ideal atau normal.

Kurangi Porsi Makan Sehari-Hari

Mengurangi porsi makan anda merupakan cara yang cukup efektif untuk menghindari diabetes. Porsi makan yang berkurang dapat membantu anda menurunkan berat badan dan memperkecil resiko terkena diabetes. Pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Usahaka pula untuk selalu makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Bila anda penggemar junk food atau gorengan-gorengan lainnya, sebaiknya anda mulai waspada dan mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak tinggi yang meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh anda. Lemak tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kadar gula darah anda. Jadi mulailah untuk membiasakan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus.

Ketahui Riwayat Diabetes Keluarga

Mengetahui riwayat penyakit yang diderita keluarga anda sangatlah penting, karena banyak sekali penyakit yang dapat diturunkan kepada anggota keluarga melalui gen, sama halnya seperti diabetes. Jika ternyata orang tua dan nenek-kakek anda memiliki diabetes, maka sejak dini perlu diadakan pemeriksaan medis dan pencegahan terhadap diabetes.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *