Tips Sehat

Gerakan Barbel Untuk Membentuk Otot Bicep

Gerakan Barbel Untuk Membentuk Otot Bicep

Gerakan Barbel Untuk Membentuk Otot Bicep – Tidak sedikit orang yang menginginkan otoe bicep di lengannya. Untuk latihan membentuk otot bicep ini sendiri disebut curl.

Tidak sedikit orang yang berlatih di pusat kebugaran atau gym untuk melatih otot mereka. Dengan memiliki tubuh ideal dan atletis anda akan memiliki nilai lebih di hadapan lawan jenis anda. Berikut beberapa gerakan yang dapat anda lakukan di gym untuk mendapatkan otot bicep yang ideal.

Incline Dumbell Curl

Salah satu gerakan yang paling efektif dan favorit untuk melatih bicep ini juga dapat anda lakukan sendiri di rumah jika anda memiliki alat dumbel ini, dengan melakukan latihan incline dumbbell curl anda dapat melatih secara keseluruhan otot pada bagian bicep, dengan merasakan kekuatan penuh yang fokus di titik otot bicep anda. Perlu di ingat juga untuk tidak terlalu memaksakan menggunakan beban yang terlampu berat karena hal ini malah akan menyebabkan resiko cidera pada sendi siku.

Cara melakukan latihan incline dumbbell curl :

1.Posisikan tubuh anda secara nyaman pada Total Adjustable Bench/Kursi yang berbentuk agak miring
2.Usahakan tubuh anda tetap tegak ketika berada di kursi ini
3.Persiapkan 2 buah dumbel dengan beban sama (tidak terlalu berat) di sebelah kiri dan kanan anda
4.Posisikan tangan menggenggam dumbbell dengan telapak tangan menghadap luar
5.Luruskan tangan anda kebawah, dengan menggenggam beban dumbbell
6.Angkat beban dumbel ke atas tanpa menggerakan bahu anda dengan kekuatan penuh hingga siku membentuk sudut 30 derajat
kemudian turunkan beban dumbbell tadi dengan perlahan agar otot lebih terasa.
7.Lakukan gerakan incline dumbbell curl ini sebanyak 5-10 kali setiap set nya,

Hammer Curl

Gerakan Hammer Curl ini juga cukup mudah dilakukan dan sangat efektif untuk membentuk otot bicep, pada geraka ini ada salah satu tekanan yang terjadi pada long head bicep ketika latihan kamer curl dapat mengembangkan bicep bagian depan.

Cara melakukan latihan incline Hammer Curl:

1.Latihan ini dilakukan dengan berdiri
2.Posisikan tubuh tegak lurus dengan kedua tangan pada posisi menggenggam dumbbel
3.Tegakan dumbbell seperti dengan arahkan genggaman ke atas
4.Gerakan beban ke atas dan kebawah secara perlahan seperti sedang menggerakan bahu
5.Ulangi gerakan Hammer Curl Ini secara bertahap dengan 5-10 repetisi pada setiap set nya, lakukan sebanyak 3 set

Barbell Curl

Latihan membentuk otot bicep kedua ini adalah dengan posisi berdiri juga seperti hamercurl perbedaannya hanya pada alat yang digunakan yaitu barbell, siapkan barbel dengan porsi kekuatan anda (beban tidak terlalu berat) agar latihan anda maksimal. Jika anda pemula disarankan posisi tangan (grip) netral saja, tetapi jika memang sudah biasa anda bisa menggunakan close grip (sempit)

Cara melakukan barbell curl :

1.Berdiri tegak dengan mempersiapkan kedua tangan memegang barbell
2.Posisi telapak tangan menghadap kedepan
3.Angkat barbell hingga sejajar lurus dengan posisi bahu di usahakan hanya sedikit bergerak
4.Turunkan perlahan dengan tetap berfokus pada otot bicep
5.Ulangi gerakan ini secara bertahap sebanyak 5-10 repetisi pada setiap set nya, lakukan sebanyak 3 set

Machine Preacher Curl

.

Latihan membentuk otot bicep kali ini memerlukan bantuan lati fitnes bernama preacher Curl, dengan menggunakan alat ini anda dapat lebih mudah berfokus untuk membentuk otot bicep anda, latihan otot bicep ini juga simple dan cukup efektif untuk anda yang ingin cepat memiliki otot bicep yang bagus dan besar.

Cara melakukan Preacher Curl :

1.Posisikan tubuh anda duduk dengan tegak di kursi
2.Posisi kaki menyempit pada tiang tumpuan sikut
3.Siapkan beban baik itu barbel atau dumbbel yang digunakan untuk beban
kemudian letakan posisi sikut anda pada sandaran bahu di depan
4.kemudian mulailah dengan posisi gerakan dari atas menurunkan beban kebawah secara perlahan
lalu angkat dan turunkan kembali

Baca Juga : Tips Mendapatkan Dada Bidang Hanya Dengan Push Up

Similar Posts