Tips Sehat

Gerakan Olahraga Tabata Yang Ampuh Membakar Kalori

Gerakan Olahraga Tabata Yang Ampuh Membakar Kalori

Gerakan Olahraga Tabata Yang Ampuh Membakar Kalori – Mungkin olahraga yang anda lakukan seperti kardio, gym, dll membuat anda bosan. Jika anda bosan, anda mungkin dapat mencoba olahraga yang bernama Tabata ini. Tabata termasuk dalam olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) yang mengharuskan anda melakukan olahraga dengan tidak sembarangan melainkan melakukannya dengan intensitas yang tinggi namun hanya dalam waktu empat menit.

Tentunya karena waktu yang singkat untuk melakukan olahraga ini maka olahraga yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memiliki minim waktu karena sibuk dalam pekerjaan namun ingin melakukan aktivitas olahraga.

Walaupun singkat, anda tidak dapat meremehkan dampak dari olahraga singkat ini. Bahkan perlu anda ketahui jika olahraga yang satu ini memiliki intensitas yang setara dengan 5 kali olahraga aerobik.

Olahraga yang satu ini dapat anda lakukan di sela waktu sibuk anda yang hanya menyita sedikit waktu sibuk anda. Berikut gerakan olahraga Tabata yang terbaik dan dapat membakar kalori dengan maksimal.

Tabata set 1

Tabata set ini meliputi gerakan burpees dan mountain climbers.

Burpees

Mulai dalam posisi berdiri
Secara perlahan posisikan tubuh anda setengah jongkok dengan kedua tangan di lantai
Tendangkan kedua kaki kaki anda ke belakang dan turunkan badan untuk melakukan push up
Kembali dalam posisi jongkok dan melompatlah dengan ke dua tangan lurus ke atas

Agar tidak monoton, anda juga bisa melangkah mundur ke belakang bukannya melompat.

Mountain climber

Anda dalam posisi push up. Pastikan tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki.
Arahkan lutut secara bergantian menuju dada, seolah berlari.
Pastikan pinggul anda sejajar dengan tubuh dan gerakkan lutut setinggi yang anda bisa

Masing-masing gerakan burpees dan mountain climber dilakukan selama 20 detik dan 10 detik istirahat. Ulangi gerakan tersebut masing-masing sebanyak empat kali hingga total waktu 4 menit. Kemudian lakukan istirahat selama 1 menit.

Tabata set 2

Gerakan tabata ini meliputi squat jump dan high knee jog

Squat jump

Berdiri dengan kaki dibuka lebar
Kedua tangan diletakkan di belakang kepala, siku menghadap luar
Tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai
Angkat tubuh dan loncat setinggi mungkin dengan mendorong ujung kaki ke lantai
Mendaratlah secara perlahan dengan posisi jongkok
Lakukan berulang

High knee jog

Berdiri tegak dengan membuka kaki selebar pinggul, pandangan lurus ke depan dan lengan menggantung ke bawah pada sisi tubuh anda
Angkat lutut setinggi pinggul atau setinggi mungkin yang anda bisa
Lengan harus mengikuti gerakan
Turunkan lutut secara perlahan
Ulangi gerakan pada lutut lainnya sehingga setiap langkah akan membuat anda bergerak maju

Masing-masing gerakan squat jump dan high knee jog dilakukan selama 20 detik dan 10 detik istirahat. Ulangi gerakan tersebut masing-masing sebanyak empat kali hingga total waktu 4 menit. Kemudian lakukan istirahat selama 1 menit.

Tabata set 3

Gerakan tabata set 2 meliputi jump kicks dan side-to-side jumping lunges.

Jump kicks

Mulai dalam posisi berdiri tegak
Ayunkan tungkai kaki ke depan setinggi pinggang atau lebih
Tangan dalam posisi ditekuk ke atas
Ulangi dengan kaki yang berbeda

Side to side jumping lunge

Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu dan lengan di samping badan
Sentuh kaki kiri dengan tangan kanan
Pastikan tangan kanan tetap tegak lurus di atas kepala
Ulangi gerakan dengan sisi yang berbeda

Masing-masing gerakan jump kicks dan side to side jumping lunge dilakukan selama 20 detik dan 10 detik istirahat. Ulangi gerakan tersebut masing-masing sebanyak empat kali hingga total waktu 4 menit. Kemudian lakukan istirahat selama 1 menit.

Baca Juga : Cara Mencegah Kanker Mulut

Similar Posts