Gerakan Pemanasan Yang Dapat Mengurangi Resiko Cidera Ketika Olahraga

Olahraga sangat berperan besar dalam memiliki tubuh yang sehat serta ideal. Olahraga juga dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh pun juga lebih bugar. Salah satu olahraga yang murah dan sangat digemari banyak orang adalah lari atau jogging. Olahraga ini sangat banyak dilakukan orang bahkan olahraga lain seperti sepakbola, basket, badminton, dll.

Namun jika kita melakukan olahraga jangan pernah lupa untuk melakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan ini sendiri atau warming up sangat penting untuk kesehatan dan salah satu upaya untuk menjaga bentuk fisik kita tetap baik. Jika anda melakukan pemanasan atau peregangan ini tak dapat asal – asalan karena akan berdampak fatal. Harus anda ketahui juga bahwa peregangan atau pemanasan ini memiliki tujuan untuk menghindari cidera.

Banyak atlet yang mengalami cidera dan itu salah satu bukti bahwa ketika ia melakukan warming up ia kurang bersungguh – sungguh dan dapat membuat anda rugi sendiri. Jangankan anda asal – asalan pemanasan, yang pemasan dengan sungguh saja terkadang masih dapat cidera terlebih anda tak sungguh melakukannya.

Berikut beberapa gerakan pemanasan yang dapat meregangkan otot anda sehingga mengurangi cidera pada tubuh anda.

Kneeling Stretch

  • Berlututlah di lutut kanan Anda.
  • Ratakan punggung bawah Anda dan pundak serta dada tegak.
  • Membungkuk ke depan dari pinggul ke lutut bahkan lebih untuk meregangkan pinggul kanan.
  • Tahan gerakan ini selama 30 detik dan kemudian ganti dengan lutut kiri.

Quadriceps

  • Berdiri dengan kaki kiri Anda dan angkat tulang kering kanan Anda dengan menekuk kaki Anda di belakang.
  • Tekan pinggul Anda ke dalam, tarik tulang kering ke arah bokong Anda, pastikan lutut Anda mengarah ke tanah. Cobalah untuk tidak menarik lutut ke belakang atau ke samping.
  • Tahan gerakan ini selama 30 detik dan kemudian ganti dengan kaki kanan.

Ground Stretch

  • Berbaringlah di matras atau lantai.
  • Pegang satu paha dan tarik ke arah dada Anda. Pastikan punggung Anda tegak dan tidak melengkung. Biarkan gravitasi menarik kaki

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.