Tips Sehat

Gerakan Peregangan Yang Dapat Mengatasi Nyeri Pinggang

gerakan peregangan yang dapat mengatasi sakit pinggang

Gerakan Peregangan Yang Dapat Mengatasi Nyeri Pinggang

Gerakan Peregangan Yang Dapat Mengatasi Nyeri Pinggang – Sakit pinggang dapat menghampiri siapa saja. Sakit pinggang ini juga cukup menggangu aktivitas kita setiap hari karena akan terasa sulit ketika inngin melakukan segala sesuatu. Sudah pasti penderita nyeri punggung akan menginginkan hidup sepanjang hari di ranjang tanpa beraktivitas.

Namun ternyata terdapat beberapa gerakan yang dapat mengatasi ataupun mengurangi rasa nyeri di pinggang anda. Selain mengurangi rasa nyeri di punggung, peregangan ini juga membantu anda untuk meningkatkan kekuatan serta kelenturan tubuh anda.

Setiap gerakan peregangan ini cukup anda lakukan 10 hingga 30 detik saja. Namun semakin lama peregangan ini dilakukan maka rasa sakit yang dirasakan akan semakin hilang. Oleh karena itu, melakukan peregangan ini memerlukan sedikit kesabaran dan harus dengan posisi rileks.

Berikut beberapa pergerakan peregangan yang dapat membantu anda mengatasi nyeri di pinggang.

1. Cat/cow stretch

Gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan otot pinggang kedua arah untuk membantu otot berkontraksi dan mengurangi rasa sakit. Untuk melakukannya anda ikuti langkah berikut:

  • Taruh tangan dan lutut di lantai seperti pose hendak merangkak.
  • Kemudian, regangkan punggung ke atas dengan memundurkannya sehingga tulang punggung terlihat melengkung.
  • Tahan selama lima detik.
  • Kemudian, turunkan punggung dan lengkungkan ke bawah hingga membentuk seperti cekungan.
  • Tahan selama lima detik.
  • Ulangi gerakan ini selama 30 detik.
2. Child pose

Postur yoga ini dilakukan dengan meregangkan otot punggung bawah anda yang biasanya akan berkontraksi saat rasa sakit menyerang. Untuk melakukannya, lakukan dengan cara berikut:

  • Taruh tangan dan lutut di lantai.
  • Rentangnkan lengan dan telapak tangan anda di lantai.
  • Dudukkan pinggul di atas tumit, kemudian jatuhkan kepala dan dada perlahan lahan ke bagian bawah
  • Anda juga bisa meletakkan bantal tepat di bawah perut untuk menopang tubuh dan mengurangi tekanan di otot pinggang.
  • Lakukan peregangan selama 10 hingga 20 detik per sesinya.
3. Knee to chest stretch

Gerakan peregangan ini akan merangsang kontraksi di otot punggung bagian bawah. Lakukan peregangan ini dengan cara:

  • Berbaringlah dengan posisi telentang.
  • Angkat dan tekuk lutut ke atas dada.
  • Gunakan tangan untuk menarik lutut dan tahan 20 hingga 30 detik sebelum kembali ke posisi awal.
4. Pelvic tilts

Langkah melakukan pelvic tilts untuk mengatasi sakit pinggang:

  • Berbaringlah dengan posisi telentang.
  • Tempatkan bantal kecil di bawah kepala anda.
  • Kemudian tekuk lutut dan bukalah kaki selebar pinggul.
  • Angkat punggung hingga sejajar dengan perut dan ulangi ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan 10 hingga 15 kali dengan menaikturunkan panggul Anda secara perlahan.
5. Lower back twist

Gerakan ini dilakukan tidak hanya membantu meregangkan punggung bawah tetapi juga mengencangkan glutes (otot bokong) Anda. Berikut langkah langkahnya:

  • Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk ke samping kanan atau kiri dan kaki menapak di lantai.
  • Rentangkan lengan ke samping kanan atau kiri.
  • Usahakan bahu tetap menempel di lantai saat lutut ditekuk.
  • Tahan selama 20 hingga 30 detik sebelum kembali ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan untuk meregangkan bagian sisi lainnya.

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih Setiap Harinya

Similar Posts