Tips Sehat

Kesalahan Dalam Memilih Menu Sarapan

sarapan yang sehat

Kesalahan Dalam Memilih Menu Sarapan

Kesalahan Dalam Memilih Menu Sarapan – Sarapan merupakan kebiasaan yang baik bagi seseorang untuk mengisi energi yang berguna untuk aktivitas setiap hari. Namun, jika kebiasaan baik ini tidak dilakukan dengan benar maka justru menaikkna berat badan kita yang berarti bukannya menjadi suatu yang sehat namun menjadi sesuatu sumber penyakit.

Sarapan sendiri memnuhi 20-30% kebutuhan gizi harian untuk tubuh. Sehingga dalam sarapan anda harus memilih gizi makanan yang cukup seperti karbohidrat, protein serta serat yak cukup untuk mengawali hari anda.

Pemilihan menu sarapan yang salah dapat menyebabkan proporsi asupan gizi yang tidak tepat sehingga justru dapat membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang dalam menentukan menu sarapan mereka.

Memilih makanan yang tinggi kandungan karbohidrat saja

Hanya mengonsumsi karbohidrat saja saat sarapan tentu akan menyebabkan asupan karbohidrat tubuh menjadi berlebihan. Karbohidrat yang berlebihan disimpan tubuh dalam bentuk lemak, sehingga akan meningkatkan risiko peningkatan berat badan.

Selalu lengkapi sarapan dengan makanan berprotein serta sayur dan buah saat sarapan. Selain itu pilih makanan karbohidrat tinggi serat, misalnya whole grain, roti gandum atau beras tinggi serat.

Mengonsumsi sarapan dengan metode buffet atau prasmanan

Sarapan di restoran atau rumah makan dengan metode buffet akan meningkatkan risiko kita mengonsumsi terlalu banyak kalori. Hal ini disebabkan perut masih kosong dan ada berbagai jenis makanan yang disajikan sehingga risiko “lapar mata” akan semakin besar. Tetap pilih makanan berkarbohidrat, protein, sayur dan buah serta ambil porsi sesuai kebutuhan tubuh.

Memilih makanan yang terlalu manis

Konsumsi roti, wafel, pancake atau sereal dengan tambahan isi atau topping cokelat serta muffin atau donat dengan tambahan gula yang cukup banyak, tentu menyebabkan gula darah tubuh jadi meningkat drastis.

Selain itu hal ini juga menyebabkan tubuh bisa jadi craving makanan manis sepanjang hari. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Baca Juga :