Manfaat Baik Keringat Bagi Tubuh

Kebaikan Keringat Untuk Kesehatan Tubuh

Keringat adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar keringat sebagai bentuk usaha tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan sekitar. Biasanya, keringat akan keluar ketika skita sedang melakukan aktivitas berat, makana makanan pedas, atau sedang dalam posisi gugup.

Walau mungkin keringat nampak sepele namun nyatanya banyak sekali manfaat dari keringat ini. Tak sedikit orang yang hanya berkeringat sedikit saja sudah mengeluh kegerahan, padahal manfaat yang dimiliki oleh keringat ini sangat baik dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari keringat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Membakar kalori

Manfaat keringat yang banyak dipercaya oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.

Membersihkan racun dari tubuh

Fungsi keringat lain yang sering dilupakan adalah keringat membantu tubuh secara alami membuang racun. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan.

Keringat membuat suhu tubuh tetap dingin

Fungsi keringat yang utama adalah berguna untuk mengatur suhu tubuh yakni mendinginkan suhu tubuh anda naik ketika sedang melakukan aktivitas tidak seperti biasanya. Berkeringat sangat penting untuk proses pendinginan tubuh secara alami.

Menjaga kesehatan kulit

Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Manfaat berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

Memperlancar sirkulasi darah

Fungsi keringat lain yang juga tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

Baca Juga :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.