Makanan Sehat Obat Herbal

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

manfaat bawang dayak untuk keseahtan

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan – Sebagian dari anda mungkin sudah da yang mengenal bawang dayak namun mungkin juga sebagian besar dari anda yang masih asing dengan bawang yang satu ini. Bawang ini juga memiliki sebutan lain diantaranya adalah bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, teki sebrang atau bawang hantu.

Tanaman khas dari Kalimantan Tengah yang tepatnya tanaman khas suku Dayak ini memiliki daun hijau berbentuk pita dengan warna umbinya yang merah dan bunganya yang berwarna putih. Banyak sekali manfaat bawang dayak ini untuk kesehatan anda.

Tanaman ini juga sering digunakan untuk herbal dengan berbagai kandungan baik yang ada di dalamnya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki bawang dayak buat kesehatan kita.

Melancarkan ASI

Asupan terbaik bagi bayi adalah ASI. Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui dapat memberikan ASI yang optimal bagi buah hatinya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan bawang dayak dapat untuk membantu memperlancar air susu, serta mengatasi mual, demam dan kaki bengkak.

Mengobati Penyakit Amandel

Penyakit amandel ataupun radang amandel dapat menyerang orang dewasa sampai anak anak. Seandainya dibiarkan amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Bawang dayak bisa bermanfaat mengobati amandel.

Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Bawang dayak bukan sekedar dapat menyembuhkan penyakit yang ringan saja, namun dapat juga menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.

Melancarkan Perdarah Darah

Dengan senyawa karbohidrat yang mengandung glikosida, jangan heran jika manfaat bawang dayak yang pertama ialah untuk memperlancar peredaran darah dan sudah terbukti ampuh. Selain itu, untuk para penderita diabetes bawang dayak juga dapat menetralkan kadar gula darah.

Melancarkan Metabolisme

Kandungan alkaloid pada Bawang dayak dapat membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh seperti radang usus, sembelit, serta penyakit ginjal. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjaga stamina tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :