Manfaat Beras Hitam Organik Untuk Kesehatan

Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, dengan begitu beras harus selalu tersedia setap harinya. Beras yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah beras putih, namun belaknagan juga banyak orang yang beralih ke beras merah karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan meski rasanya memang tak seenak nasi putih. Namun kini ada juga beras hitam yang dikatan memiliki khasiat lebih baik lagi dari beras merah.

Jika dilihat sekilas, beras hitam memang memiliki rupa yang hampir sama dengan ketan hitam. Beras hitam sendri juga lebih sulit untuk ditemukan dari jenis beras lainnya. Terdapat juga beras hitam organik yang dalam proses penanamannya, beras hitam ini tak menggunakan bahan kimia apapun alis alami dalam penanamannya.

Berikut beberapa khasiat yang dimiliki beras hitam organik untuk kesehatan tubuh anda.

Mencegah penyakit jantung

Konsumsi beras hitam juga dapat mencegah penyakit jantung yang termasuk penyakit mematikan karena menyerang organ vital manusia. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi pada beras hitam. Seperti yang diketahui serat tidah hanya baik untuk kesehatan pencernaan namun juga efektif juga mencegah timbulnya penyakit jantung.

Baik untuk kesehatan hati, ginjal, dan lambung

Rajin mengonsumsi beras hitam juga sangat bermanfaat dan berdampak potisif pada kesehatan beberapa organ tubuh diantaranya hati, ginjal, dan lambung. Dengan berbagai kandungan nutrisi pada beras hitam dapat menunjang dan memelihara organ hati, ginjal, dan lambung yang merupakan organ-organ penting dalam tubuh.

Mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi beras hitam diketahui dapat mencegah timbulnya penyakit kanker yang dikenal sangat mematikan. Kandungan antioksidannya berupa antosianin dapat menghambat perkembangan radikal bebas yang memicu perkembangan sel-sel kanker.

Mengatasi anemia

Manfaat beras hitam organik yang tidak kalah penting adalah dapat mengatasi atau mengobati penyakit anemia. Penderita anemia diketahui memiliki jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin yang rendah dalam darah sehingga biasanya terlihat lesu, lemah, dan pucat. Hal ini dapat diatasi dengan kandungan zat besi pada beras hitam sehingga konsumsi makanan ini sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

Baca Juga:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.