Manfaat Buah Manggis Untuk Berbagai Kesehatan

Manggis merupakan buah yang lumayan banyak digemari orang – orang. Manggis juga dikenal memiliki banyak khasiat mulai dari kulit nya hingga isi – isinya. Bahkan belakangan ini manggis banyak digunakan sebagai bahan pengobatan maupun untuk kesehatan tubuh.

Banyak orang yang sudah tak meragukan lagi khasiat dari buah manggis ini. Usai dilakukan peneliatian, buah manggis beserta kulitnya mengandung 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia.

Bahkan tak jarang juga buah yang memiliki rasa unik ini dijadikan sebuah bahan dasar untuk megobati maupun mencegah sebuah penyakit. Berikut beberapa manfaat buah manggis yang dpat anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Pasalnya, kandungan xanthones pada buah manggis dapat membantu tubuh Anda dalam menghambat agregasi platelet -yang bisa menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian memperlancar sirkulasi darah Anda. Tak hanya itu, peredaran darah yang lancar ternyata dapat pula mencegah terjadinya katarak pada mata.
2. Menurunkan tekanan darah

Tak hanya itu, kandungan xanthones di dalam buah manggis juga dapat menurunkan tekanan darah Anda. Karenanya, buah manfaat buah manggis untuk kesehatan dapat pula dikatakan baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tak hanya itu, kandungan xanthones ini baik pula untuk trombosis Anda.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Kandungan antioksidannya –xanthones– dapat menangkal radikal bebas tersebut, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan xanthones dapat pula membantu dalam memperlambat penuaan, menangkal penyakit, serta mengontrol penyakit degeneratif, seperti radang sendi atau arthritis.

4. Mencegah penyebaran kanker

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa buah manggis ternyata memiliki manfaat positif dalam mencegah penyebaran kanker, termasuk kanker hati dan payudara. Kandungan xanthones telah dibuktikan efektif dalam mencegah pembelahan sel-sel kanker payudara sehingga mempercepat kepunahannya pada tubuh Anda. Sebagai penguat fakta ini, sebuah hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Ethnopharmacology di bulan Januari 2004, menyatakan bahwa ekstrak buah manggis memang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara dengan mengubah DNA sel-sel kanker tersebut.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang kelima adalah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, buah manggis mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 63 kalori dalam setiap 100 gram-nya. Tak hanya itu buah manggis juga kaya akan serat dan tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga baik untuk menu diet Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mengatasi masalah kulit

Tahukah Anda bahwa buah manggis memiliki sifat anti-mikroba dan antibakteri? Kedua sifat inilah yang dikatakan efektif untuk mengobati beragam masalah kulit, seperti jerawat, noda hitam, kulit berminyak, serta kulit kering. Tak hanya itu, buah manggis juga kaya akan senyawa saton yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak serta menyembuhkan penyakit kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan-nya juga bagus untuk mencegah penuaan dini.

7. Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Telah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan xanthones dalam buah manggis dapat mencegah penyumbatan pada sirkulasi darah. Nah, penyumbatan inilah penyebab paling umum dari terjadinya penyakit jantung. Karenanya, jika peredaran darah Anda lancar, akan lebih kecil risiko Anda untuk terkena penyakit jantung.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.