Tips Sehat

Manfaat dan Kelebihan Olahraga Tabata

Manfaat dan Kelebihan Olahraga Tabata

Manfaat dan Kelebihan Olahraga Tabata – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang kita perlukan untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Dengan berolahraga, kita juga dapat mendapatkan tubuh yang ideal serta atletis. Namun terkadang banyak juga hambatan yang terjadi untuk misalnya masalah waktu, biaya, sll.

Namun kali ini terdapat olahraga yang mungkin masih asing di telinga anda. Olahraga ini bernama olahraga Tabata yang juga merupakan aktivitas fisik yang diperkenalkan oleh dr. Izumi Tabata. Tabata sendiri merupakan improvisasi dari olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) untuk meningkatkan kebugaran serta performa olahraga yang biasanya kebanyakan orang melakukan olahraga cardio, gym, dan sebagainya.

Dari olahraga terdapat beberapa gerakan yang dapat anda baca disini.

Olahraga ini juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi anda yang memiliki minim waktu namun ingin memiliki tubuh yang bugar dan ideal. Berikut beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dari olahraga Tabata ini.

1. Hemat waktu

Jika kebanyakan olahraga umumnya bisa memakan waktu hingga 30-60 menit, olahraga tabata hanya perlu 4 menit saja dari total 24 jam yang anda miliki dalam sehari. Hemat waktu, bukan? Apalagi buat anda yang super sibuk atau super mager untuk pergi ke gym.

Namun, melakukan tabata ada aturannya. Tabata pada umumnya terbagi 8 set untuk 4 menit. Satu set berlangsung selama 30 detik, yang terdiri dari 20 detik olahraga intensitas tinggi dan istirahat 10 detik. Setelah selesai istirahat, langsung lanjut kembali olahraga selama 20 detik seperti set pertama dan tutup lagi dengan istirahat kedua selama 10 detik.

Terus ulangi pola tersebut sampai komplit delapan set. Beberapa gerakan yang dapat anda lakukan saat tabata adalah sit up atau push up, jump squat, lompat tali, atau naik turun tangga.

2. Lebih efektif bakar lemak

Olahraga tabata merupakan salah satu jenis HIIT yang memang didesain untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat membakar lemak. Bahkan lewat intensitasnya yang tinggi, tabata mampu membakar lebih banyak lemak dibandingkan olahraga aerobik biasa yang berdurasi 60 menit.

Tabata meningkatkan kerja jantung dan paru hingga ke kapasitas maksimalnya. Bila otot jantung dan paru kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga hingga bahkan saat istirahat seterusnya.

Itu sebabnya, olahraga tabata merupakan pilihan paling efektif untuk menurunkan berat badan secara instan.

3. Menguatkan dan menambah massa otot

Tabata menguatkan dan menambah masa otot dengan cara menciptakan stres fisik berupa luka-luka sobek kecil pada serat-serat otot dan jaringan ikatnya.

Hal ini memicu tubuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut dan mengganti sel otot yang rusak akan diganti dengan yang baru. Kemampuan tubuh untuk membangun kembali otot-ototnya turut meningkatkan ukuran, kekuatan, dan kapasitas massa otot.

4. Meningkatkan stamina tubuh

Dengan melatih kebugaran tubuh lewat tabata, kekuatan dan ketahanan paru ketika anda beraktivitas akan meningkat.

Penelitian Izumi Tabata menemukan bahwa tabata berintensitas tinggi dengan durasi istirahat yang lebih singkat meningkatkan kapasitas aerobik lebih dari 14 persen, dan peningkatan kapasitas anerobik tubuh hingga 28 %.

Kapasitas anaerobik adalah jumlah maksimum energi yang dapat diproduksi oleh tubuh tanpa menggunakan oksigen. Sementara kapasitas aerobik adalah kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen secara maksimal. Anda pun bisa beraktivitas harian dengan lancar dan tidak mudah lelah.

Baca Juga : Gerakan Olahraga Tabata Yang Ampuh Membakar Kalori