Manfaat Dari Donor Darah Untuk Kesehatan

Kebaikan Donor Darah Untuk Kesehatan

Donor darah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Banyak orang yang mendonor darah mereka karena beranggapan bauik untuk tubuh namun sebagian dari mereka tak mengerti dengan betul apa saja yang membuat sehat dari donor darah. Donor darah sendiri memang berguna untuk keehatan baik dari sang pendonor maupun ang penerima.

Banyak manfaat yang dapat kita dapatkna dari mendonor darah. Sehingga dengan donor darah memang tak ada ruginya karena juga berguna untuk kesehatan kita sendiri dan juga merupakan tindakan mulia yang baik untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Berikut bebrapa manfaat dan kebaikan dari memberikan sumbangan darah atau donor darah.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit jantung adalah karena tingginya kadar zat besi pada darah. Sehingga kemudian menimbulkan gangguan kinerja pada fungsi otot jantung. Sementara itu, mendonorkan darah dapat menjadi langkah terbaik untuk menurunkan kadar zat besi. Sehingga penyakit yang mengancam kesehatan jantung dapat dicegah.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga penyumbatan pada pembuluh arteri dapat dihindari. Riset membuktikan, bahwa donor darah juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit serangan jantung hingga angka 88%. Seperti yang mungkin Anda sudah tahu, bahwa penyakit tersebut dapat merenggut nyawa sewaktu-waktu.

Membakar Kalori

Mendonorkan darah dapat menjadi cara terampuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Karena ketika seseorang melakukan donor darah, maka tubuh akan membutuhkan banyak energi guna menjalankan proses pembentukan protein dan sel darah yang baru. Hal tersebut tentunya akan membuat pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

Mencegah Kanker

Risiko terserang penyakit mematikan bernama kanker pada pendonor darah rutin terbukti sangat minim. Hal ini dikarenakan tubuh selalu melakukan penggantian sel darah baru secara rutin, yang tentunya lebih bagus dan berkualitas. Beberapa kanker yang dapat ditangkal dengan donor darah antara lain; kanker paru-paru, hati, perut, tenggorokan, dan usus besar.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Melakukan donor darah sudah pasti akan mengurangi jumlah sel darah merah yang terdapat dalam tubuh si pendonornya. Jika sel eritrosit berkurang, maka sumsum tulang belakang akan langsung terangsang untuk mengganti darah yang hilang. Hal tersebutlah yang kemudian membuat produksi sel darah merah baru di dalam tubuh menjadi meningkat secara drastis.

Baca Juga :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.