Manfaat Daun Sirih Untuk Obat Manjur

Khasiat Yang Dimiliki Daun Sirih Untuk Obat

Berbagai tumbuhan di dunia ini terbukti memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan manusia. Tanaman tersebut dapat anda gunakan untuk obat yang dapat mengatasi berbagai penyakit maupun menjadi bahan alami yang dapat menjaga kecantikan anda. Salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat tinggi adalah daun sirih.

Tanaman daun sirih merupakan salah satu tanmaan yang musah anda temukan disekitar anda. Kandungan yang dimiliki daun sirih seperti kavikol, minyak atsiri, seskuiterpen, gula, pati, zat samak, serta minyak terbang yag sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahakan untuk obat tradisional jaman dahulu, daun sirih ini diyakini ampuh untuk mengatasi mimisan.

Dengan banyaknya kandungan yang baik utnuk tubuh yang dimiliki daun sirih tentunya banyak orang juga yang menggunakan tanaman daun sirih ini untuk keperluan kesehatan mereka.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat yang dimiliki daun sirih sebagai obat untuk kesehatan tubuh kita.

Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun sirih lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah.

Sebagai Obat Penyakit Jantung

Ternyata daun sirih memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengobati penyakit jantung. Cara membuat obat herbal yang satu ini ialah dengan menumbuk 3 lembar daun sirih, 1 sendok makan jinten putih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah dan siram dengan air panas. Biarkan agak dingin dan saring. Minumlah ramuan yang satu ini sebanyak 2 kali sehari.

Menyembuhkan Batuk

Salah satu khasiat dari daun sirih yang satu ini adalah dapat Anda gunakan untuk mengobati batuk. Nah, untuk memanfaatkan daun sirih sebagai obat batuk Anda cukup merebus 5 lembar daun sirih dengan 300 ml air. Konsumsi obat herbal yang satu ini dua kali sehari agar batuk yang Anda derita bisa cepat sembuh.

Menyembuhkan Penyakit Asma

Bagi Anda yang menderita asma, ternyata daun sirih adalah salah satu obat herbal yang sangat baik untuk menyembuhkannya.

Mengobati Penyakit Bronchitis

Manfaat daun sirih lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan untuk mengobati penyakit bronchitis. Untuk membuat minuman herbal dari daun sirih ini, Anda cukup merebus 6 hingga 10 lembar daun sirih ke dalam 300 ml air. Rebus hingga sisa separuhnya dan minum 3 kali sehari secara teratur.

Baca Juga:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.