Manfaat Ikan Belanak Untuk Kesehatan

Khasiat Ikan Belanak Untuk Kesehatan

Ikan mujair merupakan ikan tawar yang banayk ditemui di Indonesia. Sangat banyak duri yang ada di daalm ikan yang satu ini. Ikan mujair ini dapat dikatakan 60% dari tubuhnya adalah duri. Walau demikian, ikan mujair ini memiliki rasa yang istimewa. Ikan mujair memiliki rasa yang sangat gurih dengan dangingnya yang lembut.

Kandungan gizi yang paling menonjol dari ikan mujair ini adalah kandungan fosfor didalamnya yang emngandung 200 mg fosfor setiap 100 gram dagingnya. Tentu kandungan fosfor yang tinggi ini sangat baik untuk kesehatan tulang seseorang. Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi ikan mujair ini untuk keseahtan tubuh anda.

Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tulang dan Gigi akan tumbuh maksimal bila makan banyak makanan yang mengandung kalsium dan fosfor yang cukup. Ikan Mujair kaya akan fosfor, sehingga cocok dikonsumsi oleh anda yang ingin pertumbuhan tulang dan giginya maksimal.

Membuat Bola Mata Jadi Jernih

Vitamin A juga ditemukan di ikan Mujair ini. Cukup besar, yaitu: 20 UI untuk 1 ons-nya. Kalau anda banyak makan vitamin A, niscaya bola mata jadi jernih berbinar.

Rendah Kalori Untuk Diet Ketat

Banyak orang yang mencari menu makanan rendah kalori karena mereka takut menjadi gemuk. Rata-rata ikan memiliki kalori yang besar di atas 200 kalori. Tapi ternyata ikan Mujair hanya mengandung 90 kalori dalam tiap 100 gram dagingnya. Ini menjadikan Mujair sebagai cemilan yang sehat untuk diet ketat.’

Membantu Perkembangan Sel Otak

Semua ikan mengandung asam amino essensial yang sangat bagus untuk otak. Meskipun sudah dimasak di suhu tinggi, asam amino essensial ini tidak rusak. Fungsi asam amino essensial adalah mempercepat pertumbuhan sel dalam tubuh, terutama sel-sel otak. Seperti Ikan Mujair juga ternyata bisa membantu perkembangan sel otak.

Mencegah Kanker

Kanker terjadi karena mutasi atau pembelahan sel yang gagal sehingga sel justru tumbuh melebihi batas normalnya. Ketika kanker menyerang sel sum-sum pembuluh darah tulang belakang, maka menyebabkan penyakit leukimia. Ketika kanker menyerang sel limfa, maka akan menyebabkan gangguan liver dan limfoma. Kanker bisa dicegah dengan menghindari paparan radiasi dan makanan penyebab kanker. Ikan Mujair cocok untuk mencegah kanker karena bisa memperbaiki fungsi sel agar tumbuh secara wajar.

Baca Juga :

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.