Manfaat Sayur Asin Untuk Kesehatan

Khasiat Sayur Asin Untuk Kesehatan

Sayur asin merupakan jenis sayuran yang merupakan hasil olahan fermentasi. Umumnya sayur yang digunakan untuk membuat sayur asin ini adalah sawi putih. Mungkin makanan yang satu ini tak begitu dikenal oleh masyarakat luas dan asyur asin ini lebih identik dengan menu masakan chinese.

Bahan fermentasi dalam sayur asin adalah bakteri asam laktat. Bakteri ini berperan dalam mengubah karbohidrat menjadi asam laktat. Biasanya air bekasan rebusan menanak nasi juga dipakai dalam proses fermentasinya. Rasa dari sayuran asin ini tentu saja sangat lezat bagi yang doyan.

Bakteri Asam Laktat masih terus diuji coba untuk mengetahui apa manfaatnya. Yang jelas memang ada manfaat yang sudah terbukti baik untuk kesehatan. Seperti kata Tyas Utami, seorang dosen di jurusan Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada. Katanya, bakteri asam laktat dapat membantu menunjang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

Banyak manfaat dan terdapat gizi yang baik dari sayur asin ini. Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi sayur asin untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak orang bilang kalau makan Sayur Asin itu bisa bikin nambah terus. Perpaduan sayuran asin ini dengan sambal dan nasi dapat menggoncang lidah dan perut. Berasa ingin makan terus.

Mencegah Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun ditandai dengan kegagalan tubuh dalam mengidentifikasi jaringan rusak dan jaringan baik. Seluruh jaringan cenderung akan dikenali sebagai jaringan rusak. Ini seperti tubuh melakukan kanibal terhadap dirinya sendiri. Contohnya pada penyakit Lupus. Ini adalah penyakit yang menyebabkan tubuh penderita mudah rusak. Terutama jaringan kulit.

Mengatur Berat Badan Agar Ideal

Jika ingin memiliki tubuh yang ideal, sebaiknya banyaklah makan dan olahraga. Penuhi kebutuhan kalori harian dan istirahat yang cukup. Jangan lupa buat mengatur stress pula. Supaya nantinya tubuh mampu menyerap gizi makanan sehingga pertumbuhan sel jadi baik.

Membantu Penyerapan Gizi Makanan

Proses penyerapan gizi makanan dapat berjalan baik apabila metabolisme tubuh dan kondisi usus baik. Gangguan-gangguan pencernaan makanan terkadang memang menghambat penyerapan gizi, sehingga tubuh pun mengalami kurus.

Melindungi Dinding Usus

Dinding usus sangat vital fungsinya. Sekalinya ada kebocoran, ini bisa berdampak fatal seperti kematian dan yang paling ringan adalah komplikasi. Usus yang sehat menjadi prasyarat mutlak dari baiknya kesehatan manusia secara total.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *