Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Kebaikan Timun Untuk Kesehatan

Timun merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Timun sendiri dapat kita temui di setiap tempat yang kebanyakan timun juga digunakan untuk pencuci mulut diakhir makan. Bahkan timun juga dapat dijadikan sebauh minuman karena kesegarannya.
Tak hanya itu, timun juga kerap diracik menjadi acar untuk pelngkap ketika menyantap makanan.

Sayuran yang nikmat dan dapat menyegarkan tubuh ini sangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Timun sendiri sangat rendah kalori dan lemak. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnnya juga sangat membantu kita untuk dapat mendapatkan tubuh yang sehat.

Berikut beberapa manfaat dari sayur timun yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga tubuh terhidrasi

Mentimun memiliki kadar air 96% yang lebih bernutrisi daripada air biasa, yang membantu dalam menjaga tubuh terhidrasi dan mengatur suhu tubuh. Hal ini juga membantu dalam membilas racun dari tubuh.

2. Perawatan kulit

Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B, C dan adanya mineral tertentu seperti magnesium, kalium, silica dan membuat mentimun merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit.

Asam ascorbic dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di bawah mata. Kulit mentimun juga dapat membawa bantuan ke kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari atau keadaan kulit yang kasar karena kena angin.

3. Melawan kanker

Mentimun yang diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol – tiga unsur ini yang memiliki sejarah yang kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

4. Membantu pencernaan

Gangguan pencernaan seperti mag, mulas, gastritis dan bahkan dapat disembuhkan oleh konsumsi sehari-hari jus mentimun segar. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam mengusir racun dari sistem pencernaan dan karenanya membantu pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

5. Mengurangi kolesterol

Para peneliti menemukan bahwa beberapa senyawa yang disebut sterols dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.