Tips Sehat

Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki Pola Tidur – Insomnia atau susah tidur terjadi karena kita pernah bergadang. Bergadang membuat pola biologis anda berubah, sehingga menggeser jam tidur anda. Penyebab lain nya adalah faktor usia dan kesibukan anda. Rutinitas akan merubah pola tidur anda menjadi gampang berubah. Tidur siang dan bangun pada sore harinya membuat pekerjaan dan aktifitas anda menjadi terganggu, badan menjadi lemas dan mengantuk.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki pola tidur anda.

1. Buat rutinitas tidur.

Tidur 7-8 jam sekarang ini mungkin agak sulit untuk diterapkan, melihat kesibukan kita yang memadat. Kuncinya adalah membuat jam tidur secara rutin dan sebisa mungkin nyamankan diri anda, kenali apa saja faktor yang mengganggu aktifitas tidur anda. Anda bisa menjaga siklus tidur anda, dengan berusaha bangun tepat waktu, dan perlahan lahan mengawali waktu bangun anda 15 menit setiap harinya.

2. Cobalah konsisten dengan jam istirahat anda.

Dengan mensectjule jadwal kerjaan anda dan rutinitas anda, anda dapat lebih awal dalam tidur anda, sehingga pola tidur anda akan diperbaiki secara otomatis .

3. Hindari memencet tombol Snooze pada alaram atau HP anda.

Dengan menekan tombol Snooze anda akan merubah pola tidur anda yang sudah mulai anda bangun. Perhatikan Makanan dan minuman yang mengandung zat cafein, makan terlalu banyak karbohidrat. Karena bisa membuat ngantuk jika mengkonsumsi karbohidrat, serta hindari makanan pedas dan asam.

4. Ciptakan suasana tidur yang nyaman.

Semisal jauhkan benda benda yang bisa membuat suara.

5. Tahankan ruangan kamar tetap sejuk.

Ruangan yang dingin akan membuat kita menjadi cepat mengantuk.

6. Gelapkan lampu kamar ada.

Ruangan yang gelap akan membuat kita lebih nyaman untuk memejamkan mata.

7. Jangan hanya berbaring jika susah tidur.

Jika kita mengalami stres dan susah tidur, lebih baik kita melakukan aktifitas yang membuat kita menjadi lebih relax, misalkan meregangkan otot otot.

8. Hindari tidur di waktu biasa anda terjaga.

Untuk mengembalikan pola tidur, tentunya kita harus tidur sesuai pada waktunya, kelebihan tidur juga membuat pola istirahat kita menjadi tidak normal kembali.

Pola tidur yang wajar dan benar, akan membuat kualitas hidup anda menjadi lebih baik.

Baca Juga : Buah Naga Baik Untuk Kesehatan

Similar Posts