Tips Sehat

Sayuran Untuk Mengatasi Asam Urat

Sayuran Untuk Mengatasi Asam Urat

Sayuran Untuk Mengatasi Asam Urat – Nyeri sendi pada pergelangan kaki atau tangan dapat menjadi salah satu gejala anda mengalami asam urat. Penyakit yang namapk sepele ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat pada tubuh.

Jika didiamkan lama kelamaan asam urat ini akan membuat kristal di sekitar sendi dan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan jika didiamkan kelamaan juga akan menjadi kerusakan permanen di tubuh anda. Hal ini tentu saja berbahaya untuk kesehatan dan akan berdampak buruk untuk ativitas anda sehari – hari.

Namun anda dapat mengatasi dan menurunkan dengan mengonsumsi sayur yang dapat menurunkan kadar uric acid. Beberapa sayur juga memiliki kandungan purine tinggi yang harus dihindari seperti kacang – kacangan, jamur, bayam, kembang kol, dan asparagus yang akan memberparah asam urat anda.

Berikut beberapa sayur yang dapat menurunkan kadar uric acid yang dapat mengatasi asam urat anda.

Daun Seledri

Kandungan utama pada daun seledri adalah chlorine, asam lemak, sulfur, potassium, asam folat, inositol, esensial, mangan, seng, selenium, vitamin B1, dan vitamin A. Semua kandungan yang telah disebutkan diketahui memiliki kemampuan menekan risiko penyakit asam urat secara efektif.

Tomat

Dalam tomat terkandung sejumlah zat bermanfaat seperti: karbohidrat, zat besi, protein, kalium, fosfor, serat, dan berbagai jenis vitamin. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minyak pada tomat dipercaya dapat membantu meluruhkan kristalisasi asam urat pada sendi yang mengakibatkan rasa sakit.

Tidak hanya itu, konsumsi tomat secara rutin juga dapat mencegah peradangan sendi dan risiko asam urat lainnya. Tomat bisa dimakan langsung seperti kebanyakan buah atau diolah menjadi jus, sup, dan campuran bahan makanan lain.

Timun

Timun merupakan salah satu sayuran untuk penderita asam urat terbaik karena kandungan purinnya cukup rendah. Sayuran ini juga memiliki efek diuretik yang mampu merangsang ginjal untuk menghasilkan banyak urine. Sifat diuretik ini mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. Tidak hanya itu, timun juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Brokoli

Salah satu keunggulan brokoli adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena brokoli mengandung kromium dan potasium. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin C yang dapat memberikan dampak positif bagi penderita asam urat.

Wortel

Siapa sangka, selain bermanfaat bagi mata karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi, wortel juga baik untuk penderita asam urat dan kolesterol. Dalam sayuran berwarna jingga ini terkandung vitamin K, folat, magnesium, dan serat. Tidak hanya untuk mata dan kolesterol, konsumsi wortel secara rutin juga dapat membantu penderita asam urat.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Nanas Untuk Kesehatan

Similar Posts