Tips Sehat

Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih Setiap Harinya

waktu yang tepat untuk minum air putih

Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih Setiap Harinya

Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih Setiap Harinya – Membiasakan diri untuk mendapatkan tubuh yang sehat sangat memerlukan tekad yang kuat dan memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang mendapatkan tubuh sehat namun ia sendiri tidak dapat menahan diri untuk menghindari makanan cepat saji maunpun makanan instant. Atau juga tidak kalah banyak jumlahnya orang yang memiliki niat untuk berolahraga namun semuanya hanya wacana tanpa aksi sama sekali.

Sebenarnya mendapatkan tubuh sehat sendiri dapat dilakukan dengan melakukan hal yang sederhana. Semua orang berpacu dengan impian tinggi untuk memiliki tubuh yang sehat dengan melakukan olahraga yang sudah dinilai berat sehingga tidak kunjung merealisasikannya, padahal dari hal sederhana sendiri banyak manfaat yang dapat kita dapatkan untuk memiliki tubuh yang sehat.

Salah satu cara yang sederahana untuk mendapatkan tubuh sehat adalah meminum air putih yang cukup untuk emmenuhi kebutuhan tubuh. Setidaknya tubuh membutuhkan 1,5 liter air putih setiap harinya. Untuk menunjang manfaat dari air putih sendiri ternyata terdapat waktu – waktu yang tepat untuk meminum air putih yang sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa waktu yang cocok untuk anda meminum air putih yang dapat membuat anda memiliki tubuh yang sehat.

1. Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur

Ketika kita bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berapapun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya, kita harus ‘mengisi ulang’ tubuh kita dengan cairan. Minum satu atau dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

2. Minum satu gelas sebelum mandi

Kehangatan air putih yang dikonsumsi, dikombinasikan dengan kehangatan air saat mandi dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Air putih yang kita minum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Minum satu gelas setengah jam sebelum makan

Tiga puluh menit sebelum makan adalah waktu yang tepat untuk minum air putih karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih selama atau tepat sebelum atau setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif. Terlalu banyak asupan air justru dapat merusak pencernaan karena dapat mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

4. Minum satu gelas ketika merasa lelah

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air dapat membantu otak bekerja lebih baik. Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi.

5. Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga

Air dapat mencegah kelelahan. Minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan daya otot tubuh.

6. Minum satu gelas sebelum tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

7. Minum lebih banyak ketika sakit

Minum banyak air putih ketika sakit akan membantu memperbaiki daya tahan tubuh lebih cepat.

Baca juga : Cara Mencegah Usus Buntu

Similar Posts